Langsung ke konten utama

Pedoman Ilmu Informasi dan Perputakaan FISIP Universitas Airlangga



Sebagai seorang sarjana Ilmu Informasi dan Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, diharapkan memiliki kemampuan :
1.      Mampu mengelola sistem informasi, perpustakaan, arsip dan dokumen dengan menggunakan sistem pengumpulan, pengolahan, penyebaran dan pelayanan informasi, arsip dan dokumen secara konstruktif dan kreatif (Organizer).
1.1  Menguraikan konsep-konsep dasar yang berkaitan dengan informasi, perpustakaan, arsip, dokumen serta sistem pengelolaannya.
1.2  Menyeleksi berbagai sumber informasi sesuai dengan kebutuhan pengguna melalui metode yang tepat.
1.3  Mengorganisasikan informasi, arsip dan dokumen dengan metode sehingga bisa dilakukan proses temu balik informasi.
1.4  Merancang pengembangan koleksi perpustakaan, arsip dan dokumen.
1.5  Menganalisis subyek-subyek koleksi, arsip dan dokumen sehingga memudahkan proses temu kembali.
1.6  Mengelola koleksi perpustakaan, arsip dan dokumentasi dalam sebuah sistem penyimpanan dan temu kembali.
1.7  Mempersiapkan pengelolaan sistem pelayanan perpustakaan, informasi, arsip dan dokumen kepada pengguna.
1.8  Melakukan pemeliharaan sistem informasi, perpustakaan, arsip dan dokumen.

2.      Mampu merancang sistem informasi, perpustakaan, arsip dan dokumen secara profesional dengan berbasis teknologi informasi.(Designer)
2.1  Melakukan proses pengelolaan data menjadi informasi.
2.2  Mendesain sebuah data base.
2.3  Merancang sebuah jejaring informasi.
2.4  Merancang sebuah sistem informasi komersial (e-commerce)
2.5  Merancang sebuah aplikasi pemrograman dengan melibatkan data base.
2.6  Merancang perpustakaan digital.
2.7  Merancang sebuah portal informasi dengan menggunakan suatu aplikasi.
2.8  Merancang suatu DSS (Decision Suport System)
2.9  Melakukan proses transmisi data, switching, routing dan manajemen network.
2.10          Melakukan proses penelusuran dengan menggunakan sistem temu kembali.
2.11          Merancang sebuah program aplikasi perpustakaan, kearsipan dan lembaga informasi.

3.      Mampu mengelola institusi perpustakaan maupun lembaga penyedia informasi, arsip dan dokumen yang ditunjang oleh kemampuan manajerial. (Manager)
3.1  Membuat perencanaan strategis suatu organisasi perpustakaan, penyedia jasa informasi, arsip dan dokumen melalui tahapan yang mempertimbangkan analisa internal dan eksternal organisasi.
3.2  Menyusun strategi peningkatan kualitas organisasi perpustakaan , jasa informasi, arsip dan dokumen.
3.3  Menyusun strategi pengelolaan sumber daya manusia.
3.4  Membuat strategi pelayanan jasa informasi.
3.5  Membuat strategi dan moedel pemasaran jasa informasi.
3.6  Membuat perencanaan design tata ruang perpustakaan, jasa informasi, arsip dan dokumen berbasis user oriented.

4.      Mampu melakukan kajian dan penelitian ilmiah yang dapat dimanfaatkan untuk merancang sebuah sistem dan mengelola lembaga perpustakaan maupun instansi penyedia informasi lainnya dengan landasan penguasaan teori-teori di bidang Ilmu Informasi dan Perpustakaan. (Researcher)
4.1  Mampu membuat dan mengembangkan tulisan ilmiah dengan analisa teoritik yang kritis.
4.2  Mampu menghasilkan kajian-kajian masalah di bidang Ilmu Informasi dan Perputakaan.
4.3  Mampu melakukan studi-studi perbandingan antar lembaga informasi, sistem pengelolaan perpustakaan maupun sistem informasi.
4.4  Mampu menerapkan metode penulisan ilmiah dengan benar.
4.5  Mampu menyusun proposal penelitian.
4.6  Mampu menerapkan metode penelitian ilmiah dengan tepat sesuai masalah yang diteliti, melalui penelitian dan menyusun laporan penelitiannya. 
4.7 Mampu melakukan interview dalam bentuk pengabdian pada masyarakat dengan cara mengembangkan dan atau membenahi sistem perpustakaan, informasi, arsip, dokumen serta ruang-ruang publik di tingkat komunitas baik di wilayah perkotaan maupun daerah


Kantor Manajemen Universitas Airlangga
Kampus C Mulyorejo, Surabaya 60115, Indonesia
Telepon : (031) 5914042, 5914043, 5912546, 5912564
Fax : (031) 5939934
Website : www.unair.ac.id 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selamat Siswa/i SMAN 1 Wonoayu Lolos Jalur SNMPTN 2017

Wonoayu, Sidoarjo (26/4) - Hari Rabu, 26 April 2017 menjadi hari yang sangat dinantikan oleh semua murid SMAN 1 Wonoayu. Karena pada hari itu telah resmi keluar pengumuman Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2017. Pada angkatan 12 SMAN 1 Wonoayu, terdapat 35 murid yang lolos jalur SNMPTN 2017 dengan program studi yang mereka minati masing-masing. Saya, Tia Dyan Wilujeng menyampaikan selamat kepada teman seperjuangan saya karena telah diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang mereka impikan dengan jalur SNMPTN. Semoga sukses ya kawan.... Berikut nama-nama siswa/i yang berhasil lolos SNMPTN 2017 di beberapa PTN : 1. Adelia Sefri Larasati (Kelas XII IPA 1) - Sistem Informasi, UPN JATIM. 2. Afla Muzakka (Kelas XII IPA 1) - Teknologi Pendidikan, UNM. 3. Fitri Ana Hanifah (Kelas XII IPA 1) - Biologi, UB. 4. Fitriani Annisa (Kelas XII IPA 1) - Agribisnis, UPN JATIM. 5. Friska Ayu Ning Dia Novianti (Kelas XII IPA 1) - Teknik Sipil, UNM. 6. Hari Fitra

UNAIR, Learning Center Bagi Dunia

Penulis : Tia Dyan Wilujeng, S1 Ilmu Informasi dan Perpustakaan 2017, FISIP UNAIR Saya rasa mayoritas masyarakat sudah mengetahui apa itu Universitas Airlangga. Sebagian besar mereka mengetahui bahwa Perguruan Tinggi Negeri tersebut meraih peringkat keempat kampus terbaik di Indonesia. Hal ini membuktikan bahwa Universitas Airlangga menjunjung tinggi academic value yang tidak jauh dari pengertian perguruan tinggi itu sendiri. Perguruan tinggi merupakan sebuah lembaga pendidikan yang dibuat dengan komunitas akademik yang menjunjung tinggi academic value untuk mencerdaskan bangsa. Alasan utama saya memilih Universitas Airlangga sebagai Perguruan Tinggi Negeri yang menjadi prioritas adalah karena banyaknya prestasi yang berhasil ditorehkan civitas akademika UNAIR, baik di tingkat nasional maupun internasional. Karena civitas akamedika sendiri merupakan aset yang sangat penting bagi sebuah perguruan tinggi. Terbukti dengan adanya tim paduan suara yang menyabet gelar ju

Momentum Ksatria Muda Airlangga Mengikuti Ospek di Universitas Airlangga

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Saya ksatria muda airlangga 2017. Lewat tulisan ini, saya akan berbagi pengalaman saya selama mengikuti ospek di Universitas Airlangga. Ngaku deh ya, buat kamu yang baru saja lulus SMA, dan bersiap masuk kuliah (entah itu PTN/PTS maupun Ikatan Dinas) pasti sudah memikirkan rasanya menjalani ospek? [Wajar kok itu, saya sebagai mahasiswa baru juga merasakan hal yang sama seperti kamu saat ini] 26 April 2017 Saya sangat bersyukur ketika saya melihat warna hijau di layar laptop yang bertuliskan kelulusan. Sungguh rencana Allah sangat luar biasa dan mampu menyihir hati saya. Saya diterima di Universitas Airlangga, pada saat itulah saya mulai memikirkan banyak hal sebagai mahasiswa baru dan peran saya sebagai mahasiswa Unair. Seminggu setelah pengumuman itu, saya mendapatkan notifikasi untuk gabung grup line prodi dan fakultas saya. Jadi saya dapat mengakses segala informasi dengan mudah di grup tersebut. Asalkan kita selalu up date s